Monday, June 12, 2006

Netherlands

Weekend kemarin kita pergi ke Belanda, berangkat hari sabtu pagi jam 06.55 waktu paris naik kereta cepat TGV thalys yg berangkat dari stasiun Gare du Nord . Kereta berangkat tepat waktu dan perjalanan sekitar 3,5 jam kita sudah sampai di statiun Den Haag HS. Begitu sampai, kita langsung beli one day tiket yg berlaku untuk trem atau bus selama seharian itu. Di stasiun itu kita sempat ngeprint map gratis di mesin yg mirip kayak ATM , kita ngeprint route yg harus di tempuh dari statiun itu ke hotel. Kita sudah booking di hotel Ibis Den Haag dan setelah dapat mapnya terus sempat tanya2 juga sama polisi dan petugas HTM ( mungkin maksudnya petugas pariwisatanya ), dan kita akhirnya naik trem dan kemudian turun di daerah centrum. kita berhenti pas di gedung beitenhov dan pas lagi bingung2 gitu, ada bapak bule yg menyapa..are you lost ?..wah orang sana memang ramah2 ya..dan akhirnya dia kasih tahu kita arah untuk ke tourist information, dan ternyata cuman nyebrang di depan gedung itu. Akhirnya kita ke tourist information itu dan tanya2 daerah2 yg mau kta kunjungin, yaitu volendam di amsterdam dan madurodam di den haag. sekalian kita beli tiket masuk ke madurodam dan dapet korting..( disini discount = korting, jadi inget sama mamde dan ibu2 di jakarta yg pas belanja suka minta kortingan..).
Habis itu kita jalan ke hotel, dan sepanjang jalan itu ternyata kayak tempat shooping karena banyak mall dan restoran. Di sana kita ketemu 2 restoran indonesia, yg satu java restaurant dan satunya srikandi. udah rencana nih, malemnya kita mau nyobain makan di srikandi restoran karena ada daftar menu sate dan gule kambing di depan restonya.
wah sempat surprise karena pas di jalan aku denger ada orang nelpon pake bahasa jawa...
Pas sampai di hotel Ibis, sempat kecewa karena ternyata mereka punya policy untuk tidak menerima 4 orang dalam 1 kamar..wah gimana sih, masak iya anak2ku harus tidur sendiri??ya udah akhirnya kita ganti ke hotel novotel, yg ternyata tempatnya di sebelah touris information tadi. Hotelnya kecil tapi lumayan lah, standarya novotel...
Setelah mandi dan makan ( pop mie) di hotel, kita siap2 pergi ke madurodam. Kita naik bus dari depan hotel yg langsung ke madurodam dan ternyata tiak terlau jauh, yah sekitar 15 menitan lah.
Madurodam itu miniaturnya netherland, jadi ada bangunan2 kecil seperti bandara shcipol, pelabuhan dgn kapal tanker, anjungan lepas pantainya. yg lucu pesawat2 itu bisa jalan2 di bandara, jg kereta api dan mobil2 di highwaynya...wah khansa senang banget, apalagi ada kastil2 dan istana2..setelah puter2 dan foto2 akhirnya kita naik kereta api keliling madurodam dan habis itu baru beli souvenir.
Dari Madurodam sebenarnya sudah dekat ke pantai scheveningen, tapi kasihan anak2 kayaknya udah cape banget dan ternyata sudah sore juga. ya udah kita balik ke hotel aja, mandi baru deh habis itu jalan ke restoran srikandi.
Di restoran itu kita pesen sate dan gule kambing, nasi goreng dan tahu telor. Yg punya ternyata orang medan, dia sudah 10 tahun tinggal di belanda dan sudah hampir semua keluarga besarnya tinggal di situ juga. Orangnya ramah banget, namanya mba Helen, dan masakannya lumayan, kata suamiku, lebih enak daripada salah satu restoran indonesia yg di paris.
Kita selesai makan sekitar jam 9an , dan ternyata toko2 itu sudah tutup dari jam setengah 6sore padahal matahari masih ada sampai jam setengah 10 malam. jadi di jalanan sudah sepi dan hanya restoran dan cafe yg masih buka dan orang kebanyakan makan2 di terasnya.
Besok paginya kita pergi ke amsterdam sekitar jam 9an dan sekalian cek out karena sorenya sudah pulang lagi ke paris. Kita titip koper di hotel karena tidak yakin ada locker barang di statiun. Terus kita naik trem ke den haag central statiun dan naik kereta ke amsterdam. Wah keretanya lumayan bagus loh, lebih besar dari TGV thalys yg kita naiki dari paris ke den haag tapi memang ngga secepet TGV sich. keretanya bertingkatdan tempat duduknya lumayan besar. Perjalanan sekitar 1 jam kita sudah sampai di Amsterdam, kemudian langsung ke tourist information dan tanya2 untuk pergi ke Volendam. Harga tiket bus untuk sekeluarga 10 euro dan busnya model bus gandeng yg panjang. perjalanan ke Volendam sekitar 40menit sudah sampai dan kita sempat bingung juga karena belum keliatan pantainya, akhirnya kita ikutin aja orang2 yg jalan dan ternyata tidak terlalu jauh dari situ sudah keliatan pantai dgn kapal2 boat pesiarnya. dan sepanjang pantai itu banyak toko2 souvenir dan studio foto dengan memakai baju tradisional belanda. Ya udah kita akhirnya foto berempat, lengkap dengan baju belandanya.
Foto jadi dalam 30 menit dan selama menunggu kita beli souvenir lagi, dan pas sudah selesai waktu kita kembali. setelah itu kita balik ke amsterdam dan tadinya masih mau jalan2 lagi cuman waktunya sudah mepet banget, takut ketinggalan kereta. ya udah kita balik ke statiun dan nunggu keretanya dateng.
Perjalanan pulang molor dari waktunya karena pas sudah mau sampe paris ada masalah, semua jalur transportasi trem baik yg di dalam kota atau yg keluar semuanya di stop karena ada orang yg melintas di jalur KA. wah lumayan lama nunggunya mungkin sekitar 1-2 jam gitu, karena mereka harus me restart lagi semua jalur kereta. Setelah sampai di Gare du Nord kita ngga bisa naik taksi karena antriannya panjang banget, ya udah naik RER dan Metro aja sampe di rumah.